Interaksi manusia dan komputer
(Human Computer Interaction – HCI)
Interaksi manusia dan komputer (Human Computer
Interaction – HCI) adalah suatu ilmu yang mempelajari komunikasi atau interaksi diantara pengguna
dengan sistem komputer maupun sistem yang banyak digunakan dalam kehidupan
sehari-hari, misalnya kendaraan, peralatan rumah tangga dan sebagainya.
Peran utama dari HCI adalah untuk menghasilkan sebuah
sistem yang mudah digunakan, aman, efektif dan efisien.
Model interaksi antara manusia dengan sistem melibatkan
tiga komponen, yaitu pengguna, interaksi dan sistem itu sendiri.
Kunci utama HCI adalah daya guna (usability),
yang berarti bahwa suatu sistem harus mudah digunakan, memberi keamanan kepada
pengguna, mudah dipelajari dan sebagainya.
Definisi dari interaksi manusia dan komputer adalah
sebagai berikut :
1. Sekumpulan
proses, dialog dan kegiatan yang dilalui pengguna dalam memanfaatkan dan
berinteraksi dengan komputer
2. Suatu
disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi dan implementasi dari
sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan
fenomena di sekitar manusia itu sendiri.
Sub bidang studi interaksi
manusia dengan komputer
Ada tiga sub-bidang
studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer :
1.Ergonomi dimana
interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
2.Faktor manusia
berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
3.Interaksi manusia dan
komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer
desain terkait dengan manusia dengan komputer.
bagi para perancangnya
alat fisik interaksi antarmuka komputer sering diuji, sehingga memungkinkan
pertukaran informasi.
Beberapa aspek yang
menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
1.Metodologi dan proses
yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
2.Metode implementasi
antarmuka.
3.Metode evaluasi dan
perbandingan antarmuka.
4.Pengembangan antarmuka
baru.
5.Mengembangkan sebuah
deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
Media antarmuka manusia
dan komputer
1.Media Tekstual
Adalah ”bentuk sederhana
dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan
kurang menarik”.Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks
yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
2.Media GUI (Graphical
User Interface)
Adalah ”bentuk dialog
atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat
atraktif”.Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis
menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan
lain-lain).
Tujuan interaksi manusia
dengan komputer
- Tujuan utama
disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
untuk mempermudah
manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang
ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang
antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya
dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
- Sebagai contoh,
misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman
bagi seorang pengguna yang menggunakan.Atau keyboard yang digunakan pada
komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Contoh-contoh diatas
merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia
dan Komputer.
Kita butuh Interaksi
manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu
pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak
membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
B.Siapa yang
terkait dengan IMK?
IMK merupakan subyek
multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu desainer system interaktif
yang ideal harus memiliki keahlian d berbagai bidang seperti:
Psikologi dan ilmu
kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user, kognitif,
dan kemampuan memecahkan masalah.
Ergonomic yang
memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan atau karakteristik fisik user
Sosiologi yang membantu
pemahaman konsep interaksi secara luas
Ilmu computer dan teknik
rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan
Bisnis yang memberikan
pengetahuan agar mampu memasarkan hasilnya
Desain grafis agar mampu
untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface
Technical writing agar
mampu membuat manual dan lain- lain
Keuntungan Manusia dapat
berinteraksi dengan Komputer
Menghemat waktu untuk
mengerjakan pekerjaan perhitungan yang rumit seperti membuat laporan keuangan.
Menghemat tenaga, karena
manusia mengendalikan komputer untuk melakukan tugas yang berulang seperti
Menginput transaksi
pemebelian, penjualan dll. Tanpa menulis hal yang selalu berulang dari setiap
transaksi.
C.Konsep dasar IMK
Ketika komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an,
mesin ini sangat sulit dipakai dan sangat tidak praktis. Hal demikian
karena waktu itu komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya
dipakai dikalangan tertentu, misalnya para ilmuwan atau ahli-ahli teknik.
Setelah komputer pribadi
(PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, maka berkembanglah penggunaan teknologi
ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan,
perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Sistem rancangan dituntut
harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokkan dengan
kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada
pemakai.
Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai(user
interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi
Manusia-Mesin. Pada Man-Machine Interaction sudah diterapkan sistem yang “user
friendly”. User friendly pada MMI hanya dikaitkan dengan aspek-aspek yang
berhubungan dengan estetika atau keindahan tampilan pada layar saja. Sistem
tersebut hanya menitik beratkan pada aspek rancangan antarmukanya saja,
sedangkan faktor-faktor atau aspek-aspek yang berhubungan dengan pemakai baik
secara organisasi atau individu belum diperhatikan.
Para peneliti akademis
mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan
kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi
kontribusi kepada interaksi manusia komputer yang lebih baik. Maka pada
pertengahan tahun 80-an diperkenalkanlah istilah Human-Computer Interaction
(HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.
Pada HCI ini cakupan
atau fokus perhatiannya lebih luas, tidak hanya berfokus pada rancangan
antarmuka saja, tetapi juga memperhatikan semua aspek yang berhubungan dengan
interaksi antara manusia dan komputer.
HCI ini kemudian berkembang sebagai disiplin ilmu tersendiri (yang merupakan
bidang ilmu interdisipliner) yang membahas hubungan timbal balik antara
manusia-komputer beserta efek-efek yang terjadi diantaranya.Dengan demikian
terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanya pada keindahan tampilannya
saja atau hanya tertuju pada tampilan antarmukanya saja, tetapi juga
memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistem rancangannya dan
fenomena lingkungannya, dan lainnya.
Misalnya, rancangan
sistem itu harus memperhatikan : kenyamanan pemakai, kemudahan dalam pemakaian,
mudah untuk dipelajari dsb.
Implementasi Interaksi
Manusia dan Komputer
Untuk kehidupan
sehari-hari :kendali lalu lintas udara, reaktor nuklir dan pembangkit listrik.
Pemakaian industri dan
komersial : perbankan, asuransi, pemesanan barang, pemesanan hotel.
Aplikasi hotel, rumah
dan hiburan : video game, email, dan paket pendidikan.
Eksplorasi, kreatif, dan
kerjasama : web, pengambilan keputusan bisnis, dan ensiklopedi.
Demikian informasi
terbaru seputar Materi Interaksi Manusia dan Komputer - Modul Lengkap
tentang Interaksi Manusia dan Komputer, semoga artikel diatas dapat bermanfaat
buat anda sekalian. gunakan ini sebagai referensi untuk bahan pembelajaran.
Sumber:https://www.google.com/urlsa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0CC8QFjAB&url=http%3A%2F%2Feprints.undip.ac.id%2F22738%2F1%2FPert4_KonsepIMK.pdf&ei=sqo5UKyF9GxrAfjxoDgAQ&usg=AFQjCNFixIaQ1DXAPzjZK36yBVZjnYN14g&sig2=AN5DmYNO-FCxXyODGRAQdw&bvm=bv.63808443,d.bmk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar